Curug Tegalrejo – Foto, Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi, Rute

Curug Tegalrejo

Curug Tegalrejo ini adalah air terjunnya bertingkat. Masing masih dari curug tersebut mempunyai ketinggian yang bermacam macam dan juga terdapat kolam dibawahnya yang biasa digunakan untuk berendam atau hanya sekedar bermain oleh para pengunjung. Tingkatan pada curug ini ada 3 tingkatan, pada tingkat ke 3 adalah spot yang paling menarik dan indah.

Debit air yang ada disini akan berubah sesuai dengan musim. Jika musim kemarau maka debit airnya akan sedikit atau menurun, namun jika musim penghujan para pengunjung akan melihat air terjun yang deras. Air terjun yang menawarkan banyak keindahan dan keseruan ini belum begitu terkenal.

Di sini pun pengunjung juga masih sangat jarang sehingga belum banyak yang mengenal tempat indah yang satu ini. Padahal, air terjun yang ada di wilayah timur Jogja tersebut sangat mengagumkan. Curug ini juga mempunyai nama lain yaitu Curug Bayat atau Curug Gedangsari. Karena terletak di dua wilayah maka namanya pun juga berbeda. Namun saat memasuki pintu masuk, Anda akan menemukan nama lain yaitu Curug Taman Wisata.

Apabila Anda ingin merasakan sensasi yang berbeda atau ingin menikmati liburan ala petualang sejati, mungkin mengunjungi tempat ini bisa dijadikan pilihan. Kenapa tidak? Karena memang Curug Indah Tegalrejo bisa dilewati dengan 2 jalur yaitu jalur Prambanan-Klaten atau dari kota Jogja menuju Wonosari untuk jalur Jogja-Wonosari aksesnya berkelok-kelok.

Pemandangan Curug Indah Tegalrejo Yang Bertingkat Memang Menarik Apalagi Jika Saat Musim Hujan

Curug Tegalrejo

Keberadaan curug Indah Tegalrejo ini menarik karena bertingkat. Debit air yang ada di curug ini juga disesuaikan dengan musim. Jika musim penghujan, kalian akan melihat air terjun yang deras, namun jika musim kemarau maka airnya akan turun sedikit.

Curug indah satu ini memang sangat potensial untuk dijadikan sebuah destinasi wisata unggulan di timur Gunungkidul. Air terjun yang menawarkan banyak keindahan dan keseruan ini belum begitu tersohor. Jadi bagi kalian yang ingin menepikan diri dari rutinitas bisa banget kalian kunjungi air terjun Indah Tegalrejo atau Curug Bayat ini gaes.

Curug dengan enam curug sekitar yang memiliki variasi bentuk dan debit air ini adalah unggulan dari Gunungkidul. Meski masih minim fasilitas, curug yang ada kedung atau kolamnya ini sangat rekomended untuk kalian yang ingin berendam atau berenang menyejukkan badan.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Untuk bisa menimati semua keindahan yang ada di Curug Tegalrejo Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Itu karena objek wisata ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat secara dalam hal ini adalah pemuda karangtaruna dan juga masyarakat sekitar.

Sebagai gantinya Anda hanya akan membayar biaya seikhlasnya untuk memajukan kawasan wisata Curug Tegalrejo ini. Untuk biaya parkir sendiri dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Curug Tegalejo

Karena masih dikelola oleh masyarakat sekitar, objek wisata ini belum memiliki fasilitas yang cukup memadai. Namun pihak warga sudah membangun beberapa fasilitas seperti tempat untuk duduk pengunjung. Beberapa fasiltias lainya diantaranya.

  • Kamar mandi
  • Tempat parkir
  • Tempat duduk
  • Gazebo
  • Warung kecil

Lokasi Curug Tegalrejo

Curug Tegalrejo

Lokasi Curug Tegalrejo ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Baros. Ketika sampai di area perkir para pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar 15 menit melewati jalan setapak tanah yang kondisinya menanjak untuk sampai di lokasi. Namun lokasi Curug Tegalrejo ini lumayan jauh dengan pusat kota Yogyakarta.

Alamat Curug Tegalrejo tepatnya berada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute

Untuk bisa sampai ke Curug Tegalrejo Anda bisa mengikuti rute berikut. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, kemudian lurus terus ke Jalan Kusumanegara. Lalu sampai perempatan ke arah utara ke Jalan Majapahit, lurus terus sampai perempatan ke arah utara ke Jalan Janti.

You may also like...